Minggu, 31 Juli 2016

Positif Negatif Dijajah oleh Jepang



Kedududkan Jepang atas Indonesia memiliki Dampak Tersendiri bagi kita baik itu positifnya atau negatifnya, baik langsung saja kita simak dibawah ini :

Positif

  1. Adanya system romusha alias kerja paksa membuat banyak rakyat kita sengsara karena diperas tenaganya buat memenuhi kebutuhan Jepang. For example: membuat benteng pertahanan, goa-goa persembunyian, etc.
  2. Ada Juhun Ianfu, alias geisha dari Indonesia. Apa itu Geisha? Bahasa kasarnya PSK nya Jepang bedanya Juhun Ianfu di Indonesia kebanyakan dipaksa dengan diculik oleh pihak Jepang. Semata- mata hanya untuk memuaskan hawa nafsu sesaat mereka
  3. Pengerukan sumber daya alam Indonesia untuk diangkut ke Jepang, atau langsung dipasok untuk perang melawan sekutu.
  4. Penguasaan di semua lini kehidupan Indonesia. Ya, Jepang menerapkan system kemiliteran, jadi semua aspek kehidupan diatur oleh militer dan dibuat untuk menguntungkan militer Jepang saja. Berbeda dengan Belanda sebelumnya yang masih memakai system sipil. 

 Negatif

  1. Jepang membutuhkan pangkalan udara untuk mendaratkan pesawat tempur mereka. So pasti, Jepang harus membuat Bandar udara dulu di Indonesia. Yang pertama kali dibangun saat itu adalah Bandar udara di Manokwari. Ini keuntungan buat kita karena tanpa dipelopori oleh bangsa Jepang, kita gak akan punya bandara.
     
  2. Jepang membentuk PETA, pasukan pembela tanah air yang dimaksudkan untuk mempertahankan Indonesia dari serangan sekutu. Di sini rakyat sipil dilatih megang senjata, strategi perang, dll. Rakyat kita yang pada jaman Belanda ga tau apa-apa jadi pinter perang. Awalnya memang pasukan ini menguntungkan Jepang, tapi akhirnya justru berbalik menyerang Jepang. Beberapa tokoh jebolan PETA yaitu Jenderal Sudirman dan ex-presiden Soeharto. Dua tokoh ini berperan penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan kita juga. (Senjata Makan Tuan)
     
  3. Jepang mendirikan organisasi social untuk menarik minat rakyat dan mendukung Jepang. Salah satu organisasi itu adalah PUTERA, pusat tenaga rakyat. Digawangi oleh Soekarno, Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Mas Mansur. Bukannya membantu Jepang,
    tokoh ini justru menyebarkan semangat kemerdekaan dan ajakan melawan Jepang. Ini menguntungkan Indonesia tentunya, karena rakyat makin bersatu. 
  4. Masih terkait poin di atas, Soekarno makin dikagumi rakyat dan namanya melejit ke seantero nusantara. Saat beliau mengumumkan perlawanan terhadap Jepang, rakyat langsung tunduk patuh mengiyakan saja.
     
  5. Jepang mempelopori upacara sebelum mulai sekolah. Ini adalah efek kedisiplinan dan tradisi menghormat ke arah dewa matahari di timur. Meski Jepang telah hengkang dari Indonesia, tradisi upacara itu tetap ada sampai sekarang kan?. Sebenernya mauk positif apa negatif sih?
     
  6. Adanya goa dan benteng yang dulu dibuat Jepang kini bisa jadi obyek wisata yang menarik ;D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar