Minggu, 31 Juli 2016

Kamikaze

Dalam perang Dunia II, Angkatan Udara Jepang memiliki skuardon tempur yang sangat diandalkan, namanya Kamikaze. Orang Jepang mengartikannya sebagai ‘angin topan’ atau ‘angin Tuhan’. Nama ini berkisah dari sejarah orang Jepang pada abad ke-13. Ketika itu, Jepang hendak diserang oleh pasukan Mongol yang Beringas. Hokinya Jepang, muncul sebuah angin topan raksasa yang menghadang perjalanan para pasukan Mongol ketika melakukan perjalanan. Dari hal itu, orang Jepang menganggap Kamikaze sebagai hal yang keramat.
Skuardon tempur Kamikaze terdiri dari pesawat-pesawat kecil dan ringan yang tugasnya adalah mati bersama musuh sebanyak-banyaknya. Pilot Kamikaze masih banyak yang muda berkisar 20 tahunan bahkan ada beberapa yang belasan tahun. Mereka dilatih secara singkat namun mendalam dan disumpah mati setia kepada Kaisar. Pilot mengenakan pakaian seadanya. Mengenakan topi kulit dengan kabin pesawat yang terbuka dan sebilah pedang yang konon di pakai untuk Harrakiri jika gagal mati (Takut di tangkap dan di intograsi). Mengendarai pesawat ringan untuk mengudara, menghadang, mencari, dan menghancurkan lawan dengan menubrukkan dirinya. Pilot Kamikaze paling senang apabila mendapat terget kapal induk lawan. Mereka senang apabila kematiannya dibarengi dengan hancurnya kapal induk.
Gambar
Sedikit Ilustrasi

Pesawat mereka bernama “Zero”. Lengkapnya bernama A6M Mitsubishi Zero atau disingkat Zeke. Pesawat ini terbuat dari aluminium sehingga ringan dan dapat bergerak lincah. Pesawat ini memiliki mesin tunggal yang dilengkapi dengan 2 senapan mesin dan 2 kanon berukuran 20 mm, dtiambah pula sebuah bom seberat 550 pon (sekitar 250 kg). Pesawat Zero adalah hasil rancangan Jiro Horikoshi pada tahun 1939. Selama perang, pabrik otomotif Mitsubishi telah memproduksi 10.000 pesawat Zero.
Gambar
Zero

Beberapa kapal induk Sekutu berhasil ditenggelamkan oleh Kamikaze. Satu pilot Kamikaze gugur, satu kapal induk tenggelam. Pada waktu itu, Kamikaze benar-benar menjadi peluru yang dikendalikan oleh manusia, peluru berupa pesawat tempur lengkap dengan pilotnya berbekal sebuah bom seberat 550 pound. Dengan gilanya Kamikaze menyerbu dan menubrukkan dirinya ke kalap musuh membuat pasukan Sekutu kocar-kacir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar